BIDANG STUDI
KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN
REKAYASA
PROGRAM STUDI
KEAHLIAN : TEKNIK OTOMOTIF
PAKET KEAHLIAN : 1. TEKNIK KENDARAAN RINGAN
2.
TEKNIK SEPEDA MOTOR
3. TEKNIK PERBAIKAN BODI OTOMOTIF
4. TEKNIK ALAT BERAT
MATA PELAJARAN : TEKNOLOGI
DASAR OTOMOTIF
KLAS :
X
No
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1
Lingkungan hidup dan sumber daya alam sebagai
anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga keletarian dan kelangsungan
hidupnya.
1.2
Pengembangan dan penggunaan teknologi dalam kegiatan
belajar harus selaras dan tidak merusak dan mencemari lingkungan, alam dan
manusia
|
2
|
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan sikap peduli
terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan dasar
permesinan, proses pembentukan logam dan mesin konversi energy (emisi gas
buang, oli, air pendingin dan limbah padat)
2.2
Menunjukkan sikap cermat dan
teliti dalam memahami dan membaca symbol-simbol kelistrikan, hidrolik dan
pneumatik internasional
2.3
Menunjukkan sikap disiplin dan
tanggung jawab dalam melaksanakan langkah-langkah kerja sesuai standar ISO
2.4
Menunjukkan sikap peduli
terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemeriksaan,
perawatan dan perbaikan bearing, seal
dan gasket
2.5
Menunjukkan sikap cermat dan
peduli terhadap keselamatan kerja melalui kegiatan yang berhubungan dengan
penggunaan jacking, blocking dan lifting
2.6
Menunjukkan sikap peduli
terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemeriksaan,
perawatan dan perbaikan treaded, fasterner, sealant dan adhesive
|
3
|
Memahami, menerapkan
dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1
Memahami dasar-dasar mesin
3.2
Memahami proses dasar
pembentukan logam
3.3
Menjelaskan proses mesin
konversi energi
3.4
Menjelaskan fungsi berbagai
bearing, seal dan gasket serta prosedur perawatannya
3.5
Mengidentifikasi berbagai jenis
jacking, blocking dan lifting sesuai dengan operation manual
3.6
Menjelaskan teknik pengoperasian
jacking, blocking dan liffting sesuai operation manual
3.7
Menjelaskan cara penggunaan OMM
(operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai
peruntukannya
3.8
Memahami fungsi treaded, fasterner, sealant
dan adhesive
|
4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
|
4.1
Menerapkan
perhitungan dasar-dasar mesin
4.2
Menerapkan proses dasar pembentukan logam
4.3
Menganalisa kejadian pada mesin konversi energi
4.4
Menerapkan sistem hidrolik dan
pneumatik pada program teknik otomotif
4.5
Menerapkan pemeliharaan bearing,
seal dan gasket
4.6
Menerapkan teknik pengoperasian
jacking, blocking dan liffting sesuai operation manual
4.7
Menerapkan penggunaan OMM dan
service manual
4.8
Mengaplikasikan treaded, fastener,
sealand dan adhesive
|
KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN (SMK) /
MADRASAH ALIYAH
KEJURUAN (MAK)
BIDANG STUDI
KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN
REKAYASA
PAKET KEAHLIAN : 1. TEKNIK KENDARAAN
RINGAN
2. TEKNIK SEPEDA
MOTOR
3. TEKNIK PERBAIKAN
BODI OTOMOTIF
4. TEKNIK ALAT BERAT
MATA PELAJARAN : PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF
KLAS : X
No
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Lingkungan hidup dan sumber daya
alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga kelestarian dan
kelangsungan hidupnya.
2.1
Pengembangan dan penggunaan
teknologi dalam kegiatan belajar harus selaras dan tidak merusak dan
mencemari lingkungan, alam dan manusia
|
2
|
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam
mengidentifikasi peralatan ( hand tools, power tools, special tools dan
workshop tools)
2.2
Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam
memahami dan membaca alat ukur sesuai SOP
2.3
Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung
jawab dalam melaksanakan langkah-langkah kerja sesuai standar kerja / SOP
2.4
Menunjukkan sikap peduli terhadap
keselamatan kerja melalui kegiatan K3, serta peka terhadap dampak yang ditimbulkan
dari kegiatan kerja (dampak kontaminasi dan bahaya kebakaran)
2.5
Menunjukkan sikap cermat dan teliti sewaktu
bekerja dengan peralatan listrik, elektronik dan baterai
2.6
Menerapkan keselamatan kerja dalam
pelaksanaan pekerjaan (perawatan, perbaikan ditempat kerja)
|
3
|
Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1. Mengidentifikasi jenis-jenis hand tools sesuai
fungsinya
3.2. Mengidentifikasi jenis
jenis power tools sesuai dengan fungsinya
3.4
Mengidentifikasi jenis-jenis special service tools
sesuai fungsinya
3.5
Mengidentifikasi jenis-jenis alat ukur mekanik dan
fungsinya
3.6
Mengidentifikasi jenis-jenis alat ukur elektrik dan
elektronik serta fungsinya.
3.7
Mengidentifikasi jenis-jenis alat ukur pneumatik
serta fungsinya.
3.8
Menjelaskan pemeliharaan alat ukur
3.9
Menjelaskan keselamatan dan kesehatan kerja sesui
dengan UU K3
3.10 Memahami kontaminasi
pada bahan bakar, oli dan bodi sesuai standar lingkungan
3.11 Memahami penggunaan
pemadam kebakaran sesuai klasifikasi kebakaran
|
4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
|
4.1. Menggunakan dan merawat
macam-macam hand tools dengan benar
4.2. Menggunakan dan merawat macam-macam power tools dengan benar
4.3. Menggunakan dan merawat macam-macam workshop equipment
4.4. Menggunakan
special service
tools sesuai prosedur
4.5. Menggunakan alat-alat
ukur mekanik sesuai operation manual
4.6. Menggunakan alal-alat
ukur elektrik dan elektronik sesuai operation manual
4.7. Menggunakan alat-alat
ukur pneumatik sesuai operation manual
4.8. Merawat alat-alat ukur
sesuai SOP dan service manual
4.9. Melaksanakan K3 sesuai
undang-undang K3
4.10.
Melaksanakan prosedur pencegahan kontaminasi
4.11.
Melaksanakan prosedur pemadaman kebakaran sesuai
klasifikasi kebakaran
|
KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN (SMK) /
MADRASAH ALIYAH
KEJURUAN (MAK)
BIDANG STUDI
KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN
REKAYASA
PAKET KEAHLIAN : 1. TEKNIK KENDARAAN
RINGAN
2. TEKNIK SEPEDA
MOTOR
3. TEKNIK PERBAIKAN
BODI OTOMOTIF
4. TEKNIK ALAT BERAT
MATA PELAJARAN : TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF
KLAS
: X
No
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Lingkungan hidup dan sumber daya
alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga keletarian dan
kelangsungan hidupnya.
1.2
Pengembangan dan penggunaan
teknologi dalam kegiatan belajar harus selaras dan tidak merusak dan
mencemari lingkungan, alam dan manusia
|
2
|
Menghayati dan
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam
mengidentifikasi peralatan listrik dan elektronika
2.2
Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam
memahami dan membaca alat ukur listrik dan elektronika sesuai SOP
2.3
Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung
jawab dalam melaksanakan langkah-langkah kerja sesuai standar kerja / SOP
2.4
Menunjukkan sikap peduli terhadap
keselamatan kerja melalui kegiatan K3, serta peka terhadap dampak yang
ditimbulkan dari kegiatan kerja (dampak kontaminasi dan bahaya kebakaran)
2.5
Menunjukkan sikap cermat dan teliti sewaktu
bekerja dengan peralatan listrik, elektronik dan baterai
2.7
Menerapkan keselamatan kerja dalam
pelaksanaan pekerjaan (perawatan, perbaikan ditempat kerja)
|
3
|
Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Memahami dasar-dasar listrik
3.2
Menerangkan fungsi dan konstruksi baterai
3.3
Memahami dasar-dasar elektronika
|
4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan
tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
|
4.1
Menerapkan dasar-dasar listrik
4.2
Menggunakan dan merawat baterai
4.3
Menerapkan dasar-dasar elektronika
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar