Satuan Pendidikan : SMK / MAK
Kelas : X
Kompetensi Inti
KI-1.
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI-2.
|
Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
KI-3.
|
Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah.
|
KI-4.
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik dibawah pengawasan langsung.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Lingkungan
hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga
kelestarian dan kelangsungan hidupnya.
1.2. Pengembangan dan penggunaan teknologi dalam kegiatan
belajar harus selaras dan tidak merusak dan mencemari lingkungan, alam dan
manusia
|
|
|
|
|
|
2.1
Menunjukkan sikap
cermat dan teliti dalam mengidentifikasi peralatan ( hand tools, power tools,
special tools dan workshop tools)
2.2
Menunjukkan sikap
cermat dan teliti dalam memahami dan membaca alat ukur sesuai SOP
2.3
Menunjukkan sikap
disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan langkah-langkah kerja sesuai
standar kerja / SOP
2.4
Menunjukkan sikap
peduli terhadap keselamatan kerja melalui kegiatan K3, serta peka terhadap
dampak yang ditimbulkan dari kegiatan kerja (dampak kontaminasi dan bahaya
kebakaran)
2.5
Menunjukkan sikap
cermat dan teliti sewaktu bekerja dengan peralatan listrik, elektronik dan
baterai
2.6
Menerapkan
keselamatan kerja dalam pelaksanaan pekerjaan (perawatan, perbaikan ditempat
kerja)
|
|
|
|
|
|
3.1
Mengidentifikasi
jenis-jenis hand tool sesuai fungsinya
4.1
Menggunakan dan merawat macam-macam hand tools sesuai dengan SOP.
|
·
Peralatan bengkel otomotif
·
Peralatan kerja bangku
|
Mengamati
Tayangan atau simulasi macam-macam alat-alat tangan
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan alat-alat
tangan
Mengeksplorasi
·
Menuliskan atau
menyebutkan macam-macam peralatan tangan
·
Membuat perbandingan kelebihan
jenis-jenis alat tangan
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis peralatan tangan.
Mengkomunikasikan
Menerapkan
penggunaan peralatan sesuai dengan SOP
|
Tugas
Membentuk
benda dengan gergaji, kikir dan peralatan lain
Observasi
Mengamati
keaktifan siswa dalam melakukan praktik
Portofolio
Hasil
kerja dinilai berdasarkan ketepatan dimensi, kerataan dan kehalusan
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
28 JP
|
·
Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan
Peralatan Dan Perlengkapan Tempat Kerja. Jakarta : Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·
Daryanto.1988. Alat Perkakas Bengkel. Jakarta: PT Bina
Akasara.
·
Zevy D. Maran. 2008. Peralatan Bengkel Otomotif.
Yogyakarta: Andi
Publisher
·
Buku Manual
peralatan
|
3.2
Mengidentifikasi
Jenis-jenis power tools sesuai dengan fungsinya
4.2
Menggunakan dan merawat macam-macam power tools sesuai dengan SOP.
|
· Power tools dan penerapannya
Mengebor dan membuat ulir
|
Mengamati
Tayangan atau simulasi macam-macam power tools
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan power
tools
Mengeksplorasi
Menuliskan atau
menyebutkan macam-macam power tools
Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis power tools
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis power tools
Mengkomunikasikan
Menerapkan
penggunaan power tools sesuai dengan SOP.
|
Tugas
Menuliskan
prosedur penggunaan power tool sesuai pembagian kelompoknya
Observasi
Mengamati
keaktifan siswa dalam melakukan praktik
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
28 JP
|
·
Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan
Peralatan Dan Perlengkapan Tempat Kerja. Jakarta : Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·
Zevy D. Maran. 2008. Peralatan Bengkel Otomotif.
Yogyakarta: Andi Publisher
·
Buku Manual
peralatan
|
3.3
Mengidentifikasi peralatan workshop equipment
sesuai peruntukannya
4.3
Menggunakan dan merawat macam-macam workshop equipment
|
· Workshop equipment dan aplikasinya
|
Mengamati
Tayangan atau simulsi macam-macam workshop
equipment
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan workshop equipment
Mengeksplorasi
· Menuliskan atau menyebutkan macam-macam workshop equipment
·
Membuat perbandingan kelebihan
jenis-jenis workshop
equipment
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis workshop equipment Mengkomunikasikan
Menerapkan
penggunaan workshop
equipment sesuai dengan SOP.
|
Tugas
Menuliskan
prosedur penggunaan dongkrak dan carlift sesuai pembagian kelompoknya
Portofolio
Membuat
laporan hasil kerja mandiri/kelompok tentang compressor dan alat press.
Observasi
Mengamati
keaktifan siswa dalam melakukan praktik
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
24 JP
|
·
Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan
Peralatan Dan Perlengkapan Tempat Kerja. Jakarta : Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·
Zevy D. Maran. 2008. Peralatan Bengkel Otomotif.
Yogyakarta: Andi Publisher
|
3.4
Mengidentifikasi jenis-jenis special
service tools sesuai
fungsinya
4.4
Menggunakan special
service tools sesuai
dengan SOP
|
· special
service tools dan penerapannya
|
Mengamati
Tayangan atau simulsi macam-macam special service tools
Menanya
Mengajukan pertanyaan
terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan special
service tools
Mengeksplorasi
·
Menuliskan atau
menyebutkan macam-macam special service tools
·
Membuat perbandingan kelebihan
jenis-jenis special service tools
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis special
service tools Mengkomunikasikan
Menerapkan
penggunaan special service tools sesuai dengan SOP.
|
Tugas
Menuliskan
prosedur penggunaan masing-masing jenis SST
Portofolio
· Membuat laporan hasil kerja mandiri/kelompok tentang SST.
Observasi
Mengamati
keaktifan siswa dalam melakukan praktik
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
20 JP
|
·
Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan
Peralatan Dan Perlengkapan Tempat Kerja. Jakarta : Direktorat Pembinaan
Sekolah Menengah Kejuruan.
·
Zevy D. Maran. 2008. Peralatan Bengkel Otomotif.
Yogyakarta: Andi Publisher
|
3.5 Mengidentifikasi jenis-jenis
alat ukur mekanik dan fungsinya
4.5 Menggunakan alat-alat ukur
mekanik sesuai operation manual
|
·
Satuan metric dan british
· Jenis, spesifikasi dan fungsi alat
ukur mekanik
· Penggunaan alat – alat ukur mekanik
|
Mengamati
Tayangan atau paparan
disertai gambar atau benda asli sebagai contoh, dari berbagai alat ukur
mekanik
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi
fungsi masing-masing alat ukur
Mengasosiasi
Membuat
ulasan tentang kesamaan dan perbedaan fungsi macam-macam alat ukur mekanik
Mengkomunikasikan
Melakukan
pengukuran dan hasilnya pembacaanya dikomunikasikan peda guru.
|
Tugas
·
Menyelesaikan
soal-soal turuna matric dan konversi ke dalam satuan british
·
Menuliskan nama alat
alat ukur mekanik dan penggunaannya.
.
Observasi
Mengamati
keaktifan dan kemampuan siswa dalam membaca hasil pengukuran
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
32 JP
|
·
Sri
Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid 1). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
·
Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK dan MAK. Surabaya:
Erlangga.
·
Kosim. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan Alat-Alat
Ukur. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan
|
3.6 Mengidentifikasi jenis-jenis
alat ukur elektrik dan elektronik serta fungsinya
4.6 Menggunakan alat-alat ukur
elektrik dan elektronik sesuai operation manual
|
· Satuan alat ukur listrik dan elektronik
· Jenis, spesifikasi dan fungsi alat
ukur elektrik dan elektronik
· Penggunaan alat – alat ukur elektrik
dan elektronik
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan disertai gambar atau benda asli sebagai
contoh, dari berbagai alat ukur elektrik dan
elektronik
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi fungsi masing-masing alat elektrik dan
elektronik
Mengasosiasi
· Membuat ulasan tentang kesamaan dan perbedaan fungsi macam-macam alat ukur elektrik dan elektronik
Mengkomunikasikan
Melakukan
pengukuran dan hasilnya pembacaanya dikomunikasikan peda guru.
|
Tugas
·
Menuliskan nama alat
alat ukur elektrik dan
elektronik dan penggunaannya.
.
Observasi
Mengamati
keaktifan dan kemampuan siswa dalam membaca hasil pengukuran
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
30 JP
|
·
Sri
Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid 1). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
·
Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK dan MAK. Surabaya:
Erlangga.
·
Kosim. 2005. Penggunaan Dan
Pemeliharaan Alat-Alat Ukur. Jakarta: Direktorat Pendidikan
Menengah Kejuruan
|
3.7 Mengidentifikasi jenis-jenis
alat ukur pneumatik serta fungsinya
4.7 Menggunakan alat-alat ukur pneumatik
sesuai operation manual
|
· Satuan dan besaran pneumatik
· Jenis, spesifikasi dan fungsi alat
ukur peneumatik
· Penggunaan alat – alat ukur pneumatik
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan disertai gambar atau benda asli sebagai
contoh, dari berbagai alat ukur peneumatik
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi fungsi masing-masing alat peneumatik
Mengasosiasi
· Membuat ulasan tentang kesamaan dan perbedaan fungsi macam-macam alat ukur peneumatik
Mengkomunikasikan
Melakukan
pengukuran dan hasilnya pembacaanya dikomunikasikan peda guru.
|
Tugas
Menuliskan
nama alat alat ukur pneumatic dan
penggunaannya.
Observasi
Mengamati
keaktifan dan kemampuan siswa dalam membaca hasil pengukuran
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
16 JP
|
·
Sri
Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid 1). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
·
Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK dan MAK. Surabaya:
Erlangga.
·
Kosim. 2005. Penggunaan Dan
Pemeliharaan Alat-Alat Ukur. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah
Kejuruan
|
3.8 Pemeliharaan
alat ukur
4.8 Merawat alat-alat ukur sesuai SOP dan
service manual
|
· Sistem pemeliharaan alat ukur
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan disertai gambar tentang pemeliharaan alat
ukur
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi penyimpanan alat-alat ukur yang
benar
Mengasosiasi
Membuat
ulasan tentang perbedaan secara mendasar tentang perbedaan pemelihaan jenis-jenis
alat ukur Mengkomunikasikan
Melakukan
penataan dan pemeliharaan alat-alat kur
|
Tugas
Menuliskan
prosedur perawatan jenis-jenis alat ukur.
Portofolio
· Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok tentang pemeliharaan alat ukur
Observasi
Mengamati
keaktifan siswa dalam melakukan praktik perawatan alat ukur
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
16 JP
|
·
Sri
Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid 1). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
·
Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK dan MAK. Surabaya:
Erlangga.
·
Kosim. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan Alat-Alat
Ukur. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan
|
3.9 Menjelaskan
keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sesuai UU K3
4.9 Melaksanakan K3 sesuai UU
|
· Undang-undang K3 dan turunannya
· Potensi bahaya pada lingkungan kerja
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan K3 sesuai UU
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
· Mengemukakan contoh-contoh K3 dalam pekerjaan di
otomotif
Mengasosiasi
· Membuat ulasan pentingnya K3
Mengkomunikasikan
Melakukan
K3 sesuai pekerjaan yang dilaksanakan
|
Tugas
Menuliskan
prosedur K3 pada salah satu jenis pekerjaan, misalnya tune up, rem atau
kelistrikan
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
16 JP
|
·
UU K3 No. 1 tahun 1970
·
Buku
paket K3 Depnakertrans, 2009
·
|
3.10 Memahami
kontaminasi pada bahan bakar, olie dan bodi sesuai standar lingkungan kerja
4.10 Melaksanakan prosedur
pencegahan kontaminasi
|
· Prosedur dan perlengkapan PPPK
· Potensi kontaminasi pada bahan bakar;
olie dan bodi kendaraan
· Kebersihan dan kerapian bengkel
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan tentang kontaminasi, dan PPPK.
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
· Mengemukakan atau menuliskan contoh-contoh
kontaminasi
Mengasosiasi
· Membuat ulasan pentingnya K3
Mengkomunikasikan
Melakukan
K3 sesuai pekerjaan yang dilaksanakan
|
Tugas
Menuliskan
prosedur PPPK dilingkungan kerja
Observasi
Mengamati
keaktifan siswa dalam melakukan praktik perawatan alat ukur
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
16 JP
|
·
Alton Thygerson . 2011.
Pertolongan Pertama: First Aid.
·
Peraturan Menteri
Tenaga Kerja RI No.15 tahun 2008 –Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan di
tempat Kerja
§ NN.PMI Kota Bogor – Perdarahan/2010
|
3.11 Memahami
penggunaan pemadaman kebakaran sesuai klasifikasi kebakaran
4.11
Melaksanakan prosedur
pemadaman api / kebakaran sesuai klasifikasi kebakaran
|
· Peralatan ,klasifikasi kebakaran dan
prosedur pemadaman
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan tentang Peralatan
,klasifikasi kebakaran dan prosedur pemadaman
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
· Menuliskan pentingnya pencegahan
Mengasosiasi
· Membuat ulasan pentingnya peralatan pemadam kebakaran
Mengkomunikasikan
Melakukan
pencegahan terjadinya kebakaran dan penggunaan APAR .
|
Tugas
Menuliskan
prosedur pencegahan terjadinya kebakaran
Portofolio
· Ceklish tindakan dalam simlasi penggunaan APAR
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
14 JP
|
·
Mochamad
Zaini (2006), Panduan Pencegahan dan Pemadaman
Kebakaran, Abdi Tandur, Jakarta.
·
Anonymous. 2012. APAR, http://pemadam113ciamis.wordpress.com.
12 November 2012
·
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar