Satuan Pendidikan : SMK / MAK
Kelas : X
Kompetensi Inti
KI-1.
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI-2.
|
Menghayati dan
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran,
damai), santun,
responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan
dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan
bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
KI-3.
|
Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik
untuk memecahkan masalah.
|
KI-4.
|
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang
dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik dibawah pengawasan langsung.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Lingkungan hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang
maha Esa harus dijaga keletarian dan kelangsungan hidupnya.
1.2.
Pengembangan dan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar
harus selaras dan tidak merusak dan mencemari lingkungan, alam dan manusia
|
|
|
|
|
|
2.1
Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan
yang berhubungan dengan dasar permesinan, proses pembentukan logam dan mesin
konversi energy (emisi gas buang, oli, air pendingin dan limbah padat)
2.2
Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam memahami dan membaca
symbol-simbol kelistrikan, hidrolik dan pneumatik internasional
2.3
Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan
langkah-langkah kerja sesuai standar ISO
2.4
Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan
yang berhubungan dengan pemeriksaan, perawatan dan perbaikan bearing, seal dan gasket
2.5
Menunjukkan sikap cermat dan peduli terhadap keselamatan kerja
melalui kegiatan yang berhubungan dengan penggunaan jacking, blocking dan
lifting
2.6 Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui
kegiatan yang berhubungan dengan pemeriksaan, perawatan dan perbaikan treaded, fasterner, sealant dan adhesive
|
|
|
|
|
|
3.1.
Memahami dasar-dasar mesin
4.1
Menerapkan perhitungan dasar-dasar mesin
|
·
Gaya, arah gaya
·
Momen: bengkok, puntir dan tekan
·
Tegangan tarik, bengkok, tegangan
gabungan,
·
Sambungan tetap dan tidak tetap
·
gigi,rantai dan belt
|
Mengamati
Tayangan atau penjelasan
tentang materi pokok
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan tayangan/penjelasan
Mengeksplorasi
Menyelesaikan
sosl-soal terkait materi
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan hubungan antara materi pokok dengan kejadian proses kerja mesin
Mengkomunikasikan
Mengaitkan
perhitungan dengan kejadian pada teknik otomotif
|
Tugas
Menyelesaikan
soal-soal materi pokok secara mandiri
Portofolio
Hasil
kerja mandiri dinilai
Tes
Essay/pilihan ganda
|
42 JP
|
·
Beiser, A. 1999. Konsep Fisika Modern. Jakarta:
Erlangga.
·
G. Nieman dkk. 1999. Elemen Mesin Jilid I.
Jakarta : Erlangga.
·
Krane, K. 1992. Fisika Modern. Jakarta: Universitas
Indonesia Press.
·
Sularso & Suga Kiyokatsu. 1985.
Dasar Perencanaan dan Pemilihan
Elemen Mesin. Jakarta: Pradya Paramita.
|
3.2.
Memahami proses dasar pembentukan logam
4.2
Menerapkan proses dasar pembentukan logam
|
· Teknik Pengecoran logam
· Pembentukan manual
· Pembentukan roll dingin
· Pembentukan roll panas
· Pembentukan dengan press
· Pembentukan dengan bubut
· Pembentukan dengan Frais
· Pembentukan dengan Mesin Skrap
|
Mengamati
Tayangan atau simulsi terkait materi pokok
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan pembentukan
logam
Mengeksplorasi
·
Menuliskan atau
menyebutkan macam-macam teknik pembentukan logam
·
Menganalisis
macam-macam teknik pembentukan logam sesuai peruntukannya
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang suatu teknik pembentukan logam dan peruntukannya
Mengkomunikasikan
Menerapkan
teknik pembentukan logam sehingga menjadi sebuah barang
|
Tugas
Menuliskan
prosedur macam-macam pembentukan logam
Observasi
Menilai
hasil kerja siswa berdasarkan spesifikasi/ gambar
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
42 JP
|
·
Anni
Faridah dkk. 2008. Teknik Pembentukan
Pelat. Jakarta: Direktorat Pembinaan
SMK,
·
Ambiyar. 2008.
Teknik Pembentukan Pelat (Jilid
3).
Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah
Menengah Kejuruan.
·
Hadi
sujana. 2008. Teknik Pengecoran jilid 2.
Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.
|
3.3.
Menjelaskan proses mesin
konversi energi
4.3
Menganalisa kejadian pada mesin konversi energi
|
· Siklus Otto
· Siklus motor bensin 2 langkah
· Diagram PV motor bensin 2 langkah
· Siklus motor bensin 4 langkah
· Diagram PV motor bensin 4 langkah
· Siklus motor Diesel 4 Langkah
· Diagram PV motor diesel 4 langkah
· Perhitungan Usaha
· Perhitungan Daya
· Perhitungan Momen puntir
· Efisiensi mekanik; volumetris;
Efisiensi Thermis
· Prinsip kerja Motor listrik
· Karakteristik Motor listrik
· Prinsip kerja generator listrik
· Karakteristik generator listrik
|
Mengamati
Tayangan atau simulsi terkait materi pokok
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan mesin
konversi energi
Mengeksplorasi
Menuliskan atau
menyebutkan macam-macam mesin konversi energi
Menganalisis
karakteristik jenis-jenis mesin konversi energi
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan perbedaan proses antara satu jenis mesin dengan mesin yang lain.
Mengkomunikasikan
Menganalisis
kejadian pada masing-masing jenis mesin konversi energi
|
Tugas
Menuliskan
proses kerja pada macam-macam proses mesin konversi energi
Portofolio
· Membuat laporan hasil perhitungan proses
kerja pada mesin konversi energi
Observasi
Mengamati
keaktifan siswa dalam melakukan praktik
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
42 JP
|
·
Sularso dan Tahara Harua. 1996. Pompa dan
Kompresor. Jakarta: PT. Pradnya
Paramitha.
·
Asyari Darami Yunus.
2010. Mesin Konversi Energi. Jakarta: Universitas Darma Persada.
· Wiranto Arismunandar , 2002. Pengantar Turbin Gas dan Motor Propulsi. Bandung : Erlangga· Sukoco, Zaenal Arifin. 2009. Teknologi Motor Diesel . Bandung: Alfabeta |
3.4.
Mengidentifikasi komponen sistem hidrolik dan pneumatic
4.4
Menerapkan system hidrolik dan pneumatic pada program teknik
otomotif
|
· Prinsip kerja pompa fluida
· Jenis-jenis pompa
· Karakteristik pompa fluida
· Prinsip kerja Kompresor
· Jenis-jenis kompresor
· Karakteristik kompresor
· Prinsip kerja mesin pendingin
· Jenis-jenis dan Karakteristik pesawat
pendingin
· Nama,fungsi dan cara kerja komponen
hidrolik
· Gambar diagram hidrolik
· Pembacaan diagram hidrolik
|
Mengamati
Tayangan atau paparan
disertai gambar atau benda asli sebagai contoh, dari berbagai komponen system
hidrolik dan pneumatic
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi
fungsi masing-masing komponen system hidrolik dan pneumatic
Mengasosiasi
Membuat
ulasan tentang prinsip kerja system hidrolik dan pneumatic
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
system hidrolik dan pneumatic
|
Tugas
·
Mencatat nama
komponen, fungsi dan cara kerja system hidrolik dan pneumatic
Observasi
Mengamati
keaktifan dan kemampuan siswa dalam praktik
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
42 JP
|
· Friz Dietzel, Dakso Sriyono. 2009. Turbin Pompa dan Kompresor. Bandung: Erlangga
·
Sularso, Tahara, H., 1983
Pompa dan Kompresor, Pemilihan,
Pemakaian dan Pemeliharaan, Jakarta
: PTPradnya Paramita.
·
Sisjono, Iwan Koswara. 2004. Pemeliharaan dan
Perbaikan Sistem Hidrolik, Jakarta:
Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.
|
3.5.
Menjelaskan fungsi berbagai bearing, seal dan gasket serta
prosedur perawatanya.
4.5
Menerapkan pemeliharaan bearing, seal dan gasket
|
· Jenis dan spesifikasi bearing, seal
dan gasket serta fungsinya
· Teknik pelepasan dan pemasangan
bearing, sea dan gasket
· Teknik pemeliharaan jenis bearing,
seal dan gasket
|
Mengamati
Tayangan atau paparan disertai gambar atau benda asli sebagai contoh, dari berbagai bearing, seal dan gasket
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi prosedur
pemasangan yang tepat
Mengasosiasi
Membuat ulasan tentang perawatan bearing dan seal
Mengkomunikasikan
Melakukan
pemasangan bearing seal dan gasket.
|
Tugas
Menuliskan
cara pemasangan bearing, seal dan gasket
.
Observasi
Mengamati
keaktifan dan kemampuan siswa dalam kegiatan praktik
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
30 JP
|
·
Bambang Hertomo. 2012. Bearing and Seal, Gasket. Malang : Politeknik
Negeri Malang
|
3.6.
Mengidentifikasi berbagai jenis jacking, blocking dan lifting
sesuai dengan operation manual
4.6
Menerapkan teknik pengoperasian jacking, blocking dan liffting
sesuai operation manual
|
· Jenis dan spesifikasi serta fungsi
jacking, blocking dan lifting
· Teknik pengoperasian jacking,
blocking dan lifting
|
Mengamati
· Paparan materi pokok jacking, blocking dan
lifting
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan jacking, blocking dan lifting
Mengeksplorasi
· Membuat analisis tentang pengoperasian jacking,
blocking dan lifting
Mengasosiasi
· Membuat ulasan tentang jacking dan lifting
Mengkomunikasikan
Mengaplikasikan
jacking, blocking dan lifting pada kendaraan.
|
Tugas
Menuliskan
prosedur jacking, blocking dan lifting.
.
Observasi
Mengamati
keaktifan dan kemampuan siswa dalam melakukan jacking, blocking dan lifting
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
16 JP
|
·
NN. 1997. Modul Jacking and Blocking. Sanggatta: KPC
|
3.7.
Menjelaskan cara penggunaan OMM (operation maintenance manual),
Service Manual dan Part book sesuai peruntukannya
4.7
Menerapkan penggunaan OMM dan service manual
|
· Fungsi OMM, Service Manual dan Part
book dalam pemeliharaan kendaraan
· Pembacaan dan penggunaan OMM
· Pembacaan dan penggunaan service
manual
· Pembacaan dan penggunaan part book
|
Mengamati
·
Tayangan atau paparan disertai gambar penggunaan service manual dan part book
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
· Membandingkan prosedur pada service manual dan
part book
Mengasosiasi
Membuat
ulasan tentang perbedaan secara mendasar tentang perbedaan penggunaan service manual
dan part book
Mengkomunikasikan
Menerapkan
penggunaan service manual dan part book
|
Tugas
Membuat
ringkasan prosedur penggunaan service manual dan part book
Observasi
Mengamati
keaktifan siswa dalam melakukan praktik penggunaan service manal dan part
book
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
8 JP
|
·
NN. 1986.
Pedoman raparasi Chassis dan Body. Jakarta: PT. Toyota Astra Motor
·
NN. 2004. Supplement
Pedoman Reparasi Toyota Avanza (Mesin dan Chasis & Bodi). Jakarta: PT. Toyota - Astra Motor
|
3.8.
Memahami
fungsi treaded, fasterner, sealant dan
adhesive
4.8
Mengaplikasikan treaded, fastener, sealand dan adhesive
|
· Jenis, spesifikasi dan cara
penggunaan bolt dan nut
· Penggunaan bolt dan nut (thread
imperial dan metric)
· Jenis dan spesifikasi Fasteners dan
Locking Application
· Penggunaan,pemilihan Fasteners dan
Locking Application
· Jenis dan spesifikasi sealant dan adhesive
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan tentang treaded,
fastener, sealand dan adhesive
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
· Mengemukakan contoh-contoh penggunaan treaded, fastener, sealand dan adhesive
Mengasosiasi
· Membuat ulasan pentingnya penggunaan treaded, fastener,
sealand dan adhesive
Mengkomunikasikan
Menerapkan
treaded, fastener, sealand dan adhesive
|
Tugas
Menuliskan
prosedur penggunaan treaded, fastener, sealand dan
adhesive
Observasi
Mengamati
keaktifan siswa dalam melakukan praktik penggunaan treaded,
fastener, sealand dan adhesive
Tes
Pilihan
Ganda/Essay
|
18 JP
|
·
NN. 1997.
Modul Alat Pengikat (Fastener). Sanggatta: KPC
·
NN. 1997.
Modul Perbaikan dan Reklamasi. Sanggatta: KPC
·
NN. 997.
Modul Senyawa Penahan (Retaining Compoud). Sanggatta: KPC
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar