Senin, 22 Oktober 2012

Proposal Bantuan Buku


PROPOSAL
PERMOHONAN BANTUAN BUKU BACAAN dan KAMUS

A. Pendahuluan
Kami panjatkan puji syukur bagi Allah SWT. Dengan rahmat-Nya, sempurnalah yang baik. Dengan karunia-Nya, turunlah segala kebaikan. Dan dengan taufik-Nya, tercapailah segala tujuan. Bagi Allah juga segala puji sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh apa saja yang dikehendaki-Nya.
Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah saw. Sebagai pendidik dan pembawa petunjuk, sebagai hujjah atas semua manusia untuk menyempurnakan akhlak mulia, untuk mengeluarkan dunia dari kegelapan menuju cahaya dan menunjukkan mereka ke jalan Allah yang lurus. Semoga shalawat dan salam juga terlimpahkan kepada keluarga Nabi SAW, para sahabatnya dan orang yang mengikutinya dengan baik sampai hari pembalasan.
Dalam rangka ikut serta meningkatkan minat baca dan kualitas pengetahuan murid-murid di SMP Negeri 9 Banjarbaru Jalan Karang Anyar No 1 Loktabat Utara Banjarbaru, baik fisik maupun mental, maka kami bermaksud menambah koleksi buku di perpustakaan SMP N 9 Banjarbaru.
Karena  keterbatasan kami dalam menanggung beban penyediaan  buku-buku bacaan dan kamus, maka bersama ini dengan hormat kami mengajukan permohonan kepada Balai Bahasa agar dapat membantu.


B. LANDASAN PEMIKIRAN
Berawal dari keprihatinan kami melihat para siswa yang sering mengunjungi perpustakaan untuk meminjam buku-buku bacaan dan kamus,padahal para siswa sering mendapat tugas untuk membuka kamus Bahasa Indonesia yang sangat terbatas jumlahnya.Disetiap pelajaran khususnya pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris,siswa sering disuguhi kata-kata yang sulit dan untuk mengetahuinya harus membuka kamus.Rata-rata kamus yang dimiliki siswa adalah kamus kecil yang kosakatanya tidak lengkap,sedangkan di perputakaan kami kamus besar hanya terbatas jumlahnya.
Berorientasi terhadap keadaan perpustakaan yang masih sedikit jumlah kamusnya padahal jumlah siswa semakin meningkat sehingga kebutuhan mereka kurang tercukupi.Untuk itu perlunya penambahan kamus dan buku bacaan agar siswa semakin rajin sehingga budaya membaca bagi siswa akan terlaksana.Budaya membaca bagi siswa akan semakin meningkat sehingga pengetahuan siswa semakin luas.Dengan kamus kosakata yang sulit akan dengan mudah diketahui artinya.Para murid perlu diperhatikan dalam hal pengayaan ilmu pengetahuan karena dengan pengetahuan setidaknya siswa akan memahami hal – hal yang selama ini mereka abaikan dan anggap tidak penting menjadi sesuatu yang bisa bermanfa’at untuk bekal masa depan mereka.Kami berharap dengan adanya penambahan kamus dan buku bacaan maka akan memberikan warna baru dan daya pikat tersendiri bagi siswa.Sehingga siswa tidak akan jenuh untuk ke perpustakaan karena buku-buku yang semakin beragam.Para guru juga akan dengan mudah memberikan tugas kepada siswa karena materi yang diberikannya sudah tersedia di perpustakaan.

     
C. TUJUAN
1. Mempermudah  siswa mendapatkan buku referensi sekolah
2. Mendekatkan  siswa dengan buku.
3. Memberikan  siswa kegiatan bermutu lewat membaca.
4. Meningkatkan kualitas perpustakaan sehingga bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat SMP N 9 Banjarbaru

D. TARGET
Dengan adanya perpustakaan yang lengkap diharapkan dapat memberikan sarana belajar murah dan mudah sehingga  meningkatkan minat baca para siswa.

E. PERMOHONAN BANTUAN
Melihat Penjelasan di atas, tentunya dibutuhkan langkah yang nyata untuk mewujudkan siswa-siswa  yang gemar membaca. Untuk itu, kami berharap ada pihak-pihak  atau instansi  yang sudi memberikan bantuannya berupa kamus atau buku-buku bacaan.Dengan lengkapnya koleksi perpustakaan diharapkan siswa semakin tertarik untuk membaca buku.Perpustakaan kami  mengusung visi: Dengan Membaca Kita Jelajah Dunia
Koleksi yang kami miliki saat ini sebanyak 400-an buku yang terdiri dari komik, novel, buku agama, pengetahuan umum yang berasal dari instansi tertentu atau hadiah. Namun, terkait dengan hal tersebut di atas, saat ini kami masih mempunyai beberapa masalah, diantaranya masalah kurangnya bahan koleksi buku,padahal setiap tahun siswa semakin bertambah tentunya kebutuhan buku semakin meningkat. Dengan bertambahnya koleksi di perpustakaan kami maka perpustakaan kami tidak kering akan bacaan,bahkan perpustakaan bisa menjadi tempat yang nyaman untuk menimba ilmu.Melalui proposal ini kami mohon bantuan untuk menambah koleksi buku, majalah, kamus atau yang lainnya yang sifatnya mendidik bagi siswa.
Adapun koleksi buku yang kami perlukan antara lain :
 Buku Pertanian dan Peternakan
 Majalah
 Buku Ketrampilan
 Atlas
 Kamus

F. PENGATURAN OPERASIONAL PERPUSTAKAAN
Agar roda perpustakaan bisa berjalan baik dan kontinyu, maka pengelolaan langsung di bawah kepengurusan guru sebagai koordinator perpustakaan dan satu orang tenaga perpustakaan untuk menjalankannya. Untuk mekanisme pengelolan perpustakaan akan buka setiap hari dari jam 09:00 sampai jam 12.30 yang dilakukan oleh pengelola perpustakaan.
G. PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat dengan sebenar-benarnya, semoga bisa dijadikan pertimbangan bagi pihak-pihak terkait. Atas kerjasama dan partisipasinya kami sampaikan terima kasih.
Mengetahui
Kepala SMP N 9 Banjarbaru                                                  Koordinator Perpustakaan     

                                   

H. TARMIZI,S.Pd                                                                 SYABERAN,S.Pd                
NIP 19591111 198103 1 016                                                 NIP19650128 1988031 009  





2 komentar: