KISI – KISI SOAL TES TEORI
SMK NEGERI 2 BANJARBARU
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK KENDARAAN RINGAN
NAMA
SEKOLAH : SMK NEGERI 2 BANJARBARU KELAS/SEMESTER : X / I (GANJIL)
MATA
PELAJARAN : PEKERJAAN
DASAR TEKNIK OTOMOTIF PERTEMUAN PERMINGGU : 6 JAM PELAJARAN @ 45 MENIT
No
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Materi
Pokok
|
Uraian Pembelajaran dan
Pengembangannya
|
Tingkat / Sem
|
No Soal
|
1
|
Mengidentifikasi
jenis-jenis hand tool sesuai fungsinya
|
·
Peralatan bengkel otomotif
·
Peralatan kerja bangku
|
Mengamati
Tayangan atau simulasi macam-macam alat-alat
tangan
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan alat-alat tangan
Mengeksplorasi
·
Menuliskan
atau menyebutkan macam-macam peralatan tangan
·
Membuat
perbandingan kelebihan jenis-jenis alat tangan
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan
kekurangan jenis-jenis peralatan tangan.
Mengkomunikasikan
Menerapkan
penggunaan peralatan sesuai dengan SOP
|
X/I
|
1,2,3,4
|
2
|
Menggunakan
dan merawat macam-macam hand tools sesuai dengan SOP.
|
·
Peralatan bengkel otomotif
·
Peralatan kerja bangku
|
Mengamati
Tayangan atau simulasi macam-macam alat-alat
tangan
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan alat-alat tangan
Mengeksplorasi
·
Menuliskan
atau menyebutkan macam-macam peralatan tangan
·
Membuat
perbandingan kelebihan jenis-jenis alat tangan
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan
kekurangan jenis-jenis peralatan tangan.
Mengkomunikasikan
Menerapkan
penggunaan peralatan sesuai dengan SOP
|
X/I
|
5,6,7,8
|
3
|
Mengidentifikasi
Jenis-jenis power tools sesuai dengan fungsinya
|
· Power tools dan penerapannya
· Mengebor dan membuat ulir
|
Mengamati
Tayangan atau simulsi macam-macam workshop
equipment
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan workshop equipment
Mengeksplorasi
·
Menuliskan
atau menyebutkan macam-macam workshop equipment
·
Membuat
perbandingan kelebihan jenis-jenis workshop equipment
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan
kekurangan jenis-jenis workshop equipment Mengkomunikasikan
Menerapkan
penggunaan workshop
equipment sesuai dengan SOP.
|
X/I
|
9,10,11,12
|
4
|
Menggunakan
dan merawat macam-macam power tools sesuai dengan SOP.
|
· Power tools dan penerapannya
· Mengebor dan membuat ulir
|
Mengamati
Tayangan atau simulsi macam-macam workshop
equipment
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan workshop equipment
Mengeksplorasi
·
Menuliskan
atau menyebutkan macam-macam workshop equipment
·
Membuat
perbandingan kelebihan jenis-jenis workshop equipment
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan
kekurangan jenis-jenis workshop equipment Mengkomunikasikan
Menerapkan penggunaan workshop equipment sesuai dengan SOP.
|
X/I
|
13,14
|
5
|
Mengidentifikasi peralatan workshop equipment
sesuai peruntukannya
|
· Workshop equipment dan aplikasinya
|
Mengamati
Tayangan atau simulsi macam-macam workshop
equipment
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan workshop equipment
Mengeksplorasi
·
Menuliskan
atau menyebutkan macam-macam workshop equipment
·
Membuat
perbandingan kelebihan jenis-jenis workshop equipment
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan
kekurangan jenis-jenis workshop equipment Mengkomunikasikan
Menerapkan penggunaan workshop equipment sesuai dengan SOP.
|
X/I
|
15,16
|
6
|
Menggunakan dan merawat macam-macam workshop
equipment
|
· Workshop equipment dan aplikasinya
|
Mengamati
Tayangan atau simulsi macam-macam workshop
equipment
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan workshop equipment
Mengeksplorasi
·
Menuliskan
atau menyebutkan macam-macam workshop equipment
·
Membuat
perbandingan kelebihan jenis-jenis workshop equipment
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan
kekurangan jenis-jenis workshop equipment Mengkomunikasikan
Menerapkan penggunaan workshop equipment sesuai dengan SOP.
|
X/I
|
17
|
7
|
Mengidentifikasi jenis-jenis special
service tools sesuai fungsinya
|
· special service tools dan penerapannya
|
Mengamati
Tayangan atau simulsi macam-macam special
service tools
Menanya
Mengajukan
pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan
dengan special service tools
Mengeksplorasi
·
Menuliskan
atau menyebutkan macam-macam special
service tools
·
Membuat
perbandingan kelebihan jenis-jenis special
service tools
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan
kekurangan jenis-jenis special service tools Mengkomunikasikan
Menerapkan penggunaan special
service tools sesuai
dengan SOP.
|
X/I
|
18,19
|
8
|
Menggunakan special
service tools sesuai dengan SOP
|
· special service tools dan penerapannya
|
Mengamati
Tayangan atau simulsi macam-macam special
service tools
Menanya
Mengajukan
pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan
dengan special service tools
Mengeksplorasi
·
Menuliskan
atau menyebutkan macam-macam special
service tools
·
Membuat
perbandingan kelebihan jenis-jenis special
service tools
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan
kekurangan jenis-jenis special service tools Mengkomunikasikan
Menerapkan penggunaan special
service tools sesuai
dengan SOP.
|
X/I
|
20
|
KISI – KISI SOAL TES TEORI
SMK NEGERI 2 BANJARBARU
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK KENDARAAN RINGAN
NAMA
SEKOLAH : SMK NEGERI 2 BANJARBARU KELAS/SEMESTER : X / II (GENAP)
MATA
PELAJARAN : PEKERJAAN
DASAR TEKNIK OTOMOTIF PERTEMUAN PERMINGGU : 6 JAM PELAJARAN @ 45 MENIT
No
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Materi
Pokok
|
Uraian Pembelajaran dan
Pengembangannya
|
Tingkat / Sem
|
No Soal
|
1
|
Mengidentifikasi jenis-jenis
alat ukur mekanik dan fungsinya
|
·
Satuan metric dan british
· Jenis, spesifikasi dan fungsi alat
ukur mekanik
· Penggunaan alat – alat ukur mekanik
|
Mengamati
Tayangan atau paparan disertai gambar atau benda
asli sebagai contoh, dari berbagai alat ukur mekanik
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
paparan.
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi fungsi masing-masing alat ukur
Mengasosiasi
Membuat ulasan tentang kesamaan dan perbedaan
fungsi macam-macam alat ukur mekanik
Mengkomunikasikan
Melakukan pengukuran dan hasilnya pembacaanya
dikomunikasikan peda guru.
|
X/II
|
1,2,3,4
|
2
|
Menggunakan alat-alat ukur
mekanik sesuai operation manual
|
·
Satuan metric dan british
· Jenis, spesifikasi dan fungsi alat
ukur mekanik
· Penggunaan alat – alat ukur mekanik
|
Mengamati
Tayangan atau paparan disertai gambar atau benda asli
sebagai contoh, dari berbagai alat ukur mekanik
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
paparan.
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi fungsi masing-masing alat ukur
Mengasosiasi
Membuat ulasan tentang kesamaan dan perbedaan
fungsi macam-macam alat ukur mekanik
Mengkomunikasikan
Melakukan pengukuran dan hasilnya pembacaanya
dikomunikasikan peda guru.
|
X/II
|
5,6,7,8
|
3
|
Mengidentifikasi jenis-jenis
alat ukur elektrik dan elektronik serta fungsinya
|
· Satuan alat ukur listrik dan
elektronik
· Jenis, spesifikasi dan fungsi alat
ukur elektrik dan elektronik
· Penggunaan alat – alat ukur elektrik
dan elektronik
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan disertai gambar atau benda
asli sebagai contoh, dari berbagai alat ukur elektrik
dan elektronik
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
paparan.
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi fungsi masing-masing alat elektrik dan elektronik
Mengasosiasi
· Membuat ulasan tentang kesamaan dan perbedaan
fungsi macam-macam alat ukur elektrik dan
elektronik
Mengkomunikasikan
Melakukan
pengukuran dan hasilnya pembacaanya dikomunikasikan peda guru.
|
X/II
|
9,10,11,12
|
4
|
Menggunakan alat-alat ukur
elektrik dan elektronik sesuai operation manual
|
· Satuan alat ukur listrik dan
elektronik
· Jenis, spesifikasi dan fungsi alat
ukur elektrik dan elektronik
· Penggunaan alat – alat ukur elektrik
dan elektronik
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan disertai gambar atau benda
asli sebagai contoh, dari berbagai alat ukur elektrik
dan elektronik
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
paparan.
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi fungsi masing-masing alat elektrik dan elektronik
Mengasosiasi
· Membuat ulasan tentang kesamaan dan perbedaan
fungsi macam-macam alat ukur elektrik dan
elektronik
Mengkomunikasikan
Melakukan pengukuran dan hasilnya pembacaanya
dikomunikasikan peda guru.
|
X/II
|
13,14
|
5
|
Mengidentifikasi jenis-jenis
alat ukur pneumatik serta fungsinya
|
· Satuan dan besaran pneumatik
· Jenis, spesifikasi dan fungsi alat
ukur peneumatik
· Penggunaan alat – alat ukur pneumatik
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan disertai gambar atau benda
asli sebagai contoh, dari berbagai alat ukur peneumatik
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
paparan.
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi fungsi masing-masing alat peneumatik
Mengasosiasi
· Membuat ulasan tentang kesamaan dan perbedaan
fungsi macam-macam alat ukur peneumatik
Mengkomunikasikan
Melakukan pengukuran dan hasilnya pembacaanya
dikomunikasikan peda guru.
|
X/II
|
15,16
|
6
|
Menggunakan
alat-alat ukur pneumatik sesuai
operation manual
|
· Satuan dan besaran pneumatik
· Jenis, spesifikasi dan fungsi alat
ukur peneumatik
· Penggunaan alat – alat ukur pneumatik
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan disertai gambar atau benda
asli sebagai contoh, dari berbagai alat ukur peneumatik
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
paparan.
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi fungsi masing-masing alat peneumatik
Mengasosiasi
· Membuat ulasan tentang kesamaan dan perbedaan
fungsi macam-macam alat ukur peneumatik
Mengkomunikasikan
Melakukan pengukuran dan hasilnya pembacaanya
dikomunikasikan peda guru.
|
X/II
|
17
|
7
|
Pemeliharaan alat ukur
|
Sistem pemeliharaan alat ukur
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan disertai gambar tentang
pemeliharaan alat ukur
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
paparan.
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi penyimpanan alat-alat ukur yang
benar
Mengasosiasi
Membuat ulasan tentang perbedaan secara mendasar
tentang perbedaan pemelihaan jenis-jenis alat ukur Mengkomunikasikan
Melakukan penataan dan pemeliharaan alat-alat ukur
|
X/II
|
18,19
|
8
|
Merawat alat-alat ukur
sesuai SOP dan service manual
|
Sistem pemeliharaan alat ukur
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan disertai gambar tentang
pemeliharaan alat ukur
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
paparan.
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi penyimpanan alat-alat ukur yang
benar
Mengasosiasi
Membuat ulasan tentang perbedaan secara mendasar
tentang perbedaan pemelihaan jenis-jenis alat ukur Mengkomunikasikan
Melakukan penataan dan pemeliharaan alat-alat ukur
|
X/II
|
20
|
9
|
Menjelaskan
keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sesuai UU K3
|
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan K3 sesuai UU
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
paparan.
Mengeksplorasi
· Mengemukakan contoh-contoh K3 dalam pekerjaan di
otomotif
Mengasosiasi
· Membuat ulasan pentingnya K3
Mengkomunikasikan
Melakukan K3 sesuai pekerjaan yang dilaksanakan
|
X/II
|
21,22
|
10
|
Melaksanakan K3 sesuai UU
|
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan K3 sesuai UU
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
paparan.
Mengeksplorasi
· Mengemukakan contoh-contoh K3 dalam pekerjaan di
otomotif
Mengasosiasi
· Membuat ulasan pentingnya K3
Mengkomunikasikan
Melakukan K3 sesuai pekerjaan yang dilaksanakan
|
X/II
|
23,24
|
11
|
Memahami
kontaminasi pada bahan bakar, olie dan bodi sesuai standar lingkungan kerja
|
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan tentang kontaminasi, dan
PPPK.
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
paparan.
Mengeksplorasi
· Mengemukakan atau menuliskan contoh-contoh
kontaminasi
Mengasosiasi
· Membuat ulasan pentingnya K3
Mengkomunikasikan
Melakukan K3 sesuai pekerjaan yang dilaksanakan
|
X/II
|
25
|
12
|
Melaksanakan
prosedur pencegahan kontaminasi
|
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan tentang kontaminasi, dan
PPPK.
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
paparan.
Mengeksplorasi
· Mengemukakan atau menuliskan contoh-contoh
kontaminasi
Mengasosiasi
· Membuat ulasan pentingnya K3
Mengkomunikasikan
Melakukan K3 sesuai pekerjaan yang dilaksanakan
|
X/II
|
26
|
13
|
3.1 Memahami
penggunaan pemadaman kebakaran sesuai klasifikasi kebakaran
|
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan tentang Peralatan ,klasifikasi kebakaran dan prosedur pemadaman
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
paparan.
Mengeksplorasi
· Menuliskan pentingnya pencegahan
Mengasosiasi
· Membuat ulasan pentingnya peralatan pemadam
kebakaran
Mengkomunikasikan
Melakukan pencegahan terjadinya kebakaran dan
penggunaan APAR .
|
X/II
|
27,28
|
14
|
4.1
Melaksanakan
prosedur pemadaman api / kebakaran sesuai klasifikasi kebakaran
|
|
Mengamati
· Tayangan atau paparan tentang Peralatan ,klasifikasi kebakaran dan prosedur pemadaman
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
paparan.
Mengeksplorasi
· Menuliskan pentingnya pencegahan
Mengasosiasi
· Membuat ulasan pentingnya peralatan pemadam
kebakaran
Mengkomunikasikan
Melakukan pencegahan terjadinya kebakaran dan
penggunaan APAR .
|
X/II
|
29,30
|
Do you understand there is a 12 word sentence you can communicate to your crush... that will induce deep feelings of love and instinctual attraction to you deep within his chest?
BalasHapusBecause hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, worship and look after you with all his heart...
=====> 12 Words Will Fuel A Man's Desire Response
This impulse is so hardwired into a man's genetics that it will make him try harder than before to make your relationship the best part of both of your lives.
Matter of fact, triggering this mighty impulse is so important to getting the best ever relationship with your man that the second you send your man a "Secret Signal"...
...You'll immediately find him expose his soul and mind to you in such a way he haven't experienced before and he'll recognize you as the one and only woman in the universe who has ever truly attracted him.
tanhks boss sangat membantu,
BalasHapus