Senin, 16 September 2013

Soal Metodologi Pembelajaran

UJIAN FINAL METODOLOGI PEMBELAJARAN

Pilihan Berganda
  1. Mengkomunikasikan kompetensi ( tujuan ) yang dicapai dan rencana kegiatan salah satu kegiatan
    1. Pra pembelajaran                     C. Kegiatan inti pembelajaran
    2. Membuka pembelajaran          D. Strstegi pembelajaran
  2. Rumusan tujuan pembelajaran tidak menimbulkan penafsiran ganda dan dijabarkan dari :
    1. Kompetensi                             C. Indikator
    2. Kompetensi dasar                   D. Kurikulum
  3. Komponen di bawah ini termasuk sumber belajar belajar, kecuali
    1. Media                          C. Lingkungan
    2. Orang                          D. Metode pembelajaran
  4. Penggolongan dan jenis-jenis Model Pembelajaran adalah:
A. Model pengolahan informasi, Model individual, Model Sosial, Model
     Kompetensi
B. Model pengolahan informasi, Model individual, Model Sosial, Model
     Perilaku     
C. Model pengolahan informasi, Model individual, Model Sosial, Model
     Penampilan
  1. Jika kompetensi dasarnya adalah: menjelaskan fotosintesis, tujuan pembelajarannya adalah, kecuali:
    1. Siswa dapat menyebut ke-4 faktor yang diperlukan untuk fotosintesis
    2. Siswa dapat mengetahui fingsi cahaya
    3. Siswa dapat menjelaskan kapan fotosintesis berlangsung
    4. Siswa dapat mengetahui bagian mana dari tumbuhan yang berfotosintesis



  1.  Model Pembelajaran inkuiri adalah model untuk::
    1. Melibatkan peserta didik dalam penyelidikan
    2. Melibatkan peserta didik dalam diskusi
    3. Melibatkan peserta didik dalam dialog
    4. Melibatkan peserta didik mendemonstrasikan apa yang dia ketahui
  2. Kegiatan membangun atau menciptakan pengetahuan dengan cara mencoba 
      memberi arti pada pengelolaan sesuai dengan pengalamanya disebut
    1. Model pembelajaran konstruktivisme
    2. Model pembelajaran CTL
    3. Model pembelajaran discovery
    4. Model pembelajaran Inquiry
  1. Pendekatan Pembelajaran CTL, adalah pendekatan pembelajaran:
    1. Untuk melatih siswa mendemonstrasikan apa yang dia ketahui
    2. Untuk mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata.
    3. Untuk mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan pengalamannya.
    4. Untuk merefleksikan apa yang dia sudah pelajari
  2. Pengertian Learning Community dalam pembelajaran CTL adalah:
A.Tukar pengalaman dan berbagi ide
B. Mengerjakan apa yang didinginkan guru  
C. Cara Berpikir tentang apa yang telah dipelajari
D. Siswa belajar menggunakan keterampilan berpikir kritis 
  1. Kegiatan di bawah ini  dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah kegiatan penutup, kecuali:
    1. Memberi contoh dari materi yang disajikan
    2. Membuat rangkuman
    3. Guru  memberi tes
    4. Guru Memberi balikan


  1. Segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sehingga terjadi proses belajar disebut….
    1. Media                          C. Alat
    2. Informasi                     D. Telekomunikasi
  2. Slide projector, OHP yang memerlukan perangkat lunak dan perangkat keras disebut
    1. Media visual suara
    2. Media visual   
    3. Media visual diam
    4. Media visual gerak
13. Dari kerucut pengalaman belajar Edgar Dale, melihat gambar dan menonton
      televisi dapat memberikan pengalaman belajar sebesar
A.    30 %
B.     10 %
C.     70 %
D.    50 %
14.Dibawah ini adalah kegunaan media pembelajaran kecuali:
A.    Mengatasi keterbatasan ruang, dan waktu
B.  Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbal
C.  Tidak memerlukan keahlian khusus dalam penyajiaanya
                D. Menimbulkan gairah belajar
15. Pengertian penilaian adalah:
A.    Usaha untuk melihat perubahan tingkah laku yang terjadi pada siswa secara kuantitatif dan kualitatif
B.     Usaha untuk melihat perubahan tingkah laku yang terjadi pada siswa secara kuantitatif
C.     Usaha untuk melihat perubahan tingkah laku yang terjadi pada siswa secara kualititatif
D.    Usaha untuk melihat perubahan tingkah laku yang terjadi pada siswa secara kognitif
     16. Pengertian pengukuran adalah:
A. Usaha untuk melihat perubahan tingkah laku yang terjadi pada siswa secara  
      kuantitatif dan kualitatif
B.     Usaha untuk melihat perubahan tingkah laku yang terjadi pada siswa secara kuantitatif
C.     Usaha untuk melihat perubahan tingkah laku yang terjadi pada siswa secara kualititatif
D.    Usaha untuk melihat perubahan tingkah laku yang terjadi pada siswa secara kognitif
   17. Kegunaan penilaian Formatif adalah:
A.    Untuk mengetahui kelemahan pengetahuan yang dimiliki oleh siswa
B.     Untuk menentukan nilai Rapor Siswa
C.     Untuk menentukan nilai akhir siswa
D.    Untuk melihat pengetahuan siswa
18. Penilaian Acuan Patokan, merupakan penilaian:
  1. Penilaian yang membandingkan antara siswa dengan kelompoknya
  2. Penilaian yang mengacu pada standar yang sudah ditetapkan
  3. Penilaian Untuk melihat kelemahan-kelemahan siswa
  4. Penilaian untuk menentukan nilai rapor
19.Tujuan belajar tuntas adalah:
    1. Peserta didik tidak diperkenankan mengerjakan pekerjaan berikutnya sebelum mampu menyelesaikan pekerjaaan dengan prosedur yang benar
    2. Peserta didik diperkenankan mengerjakan pekerjaan berikutnya walaupun belum mampu menyelesaikan pekerjaaan dengan prosedur yang benar
    3. Memandang penilaian dan pembelajaran secara terpadu
    4. Menggunakan berbagai cara dan kriteria



20. Kegiatan dibawah ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pada kegiatan pendahuluan, kecuali:
A.  Orientasi
B.     Apersepsi
C.     Motivasi
D.    Pemberian balikan

KUNCI  JAWABAN MATA DIKLAT METODOLOGI PEMBELAJARAN

1.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar