RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : SMK
Negeri 2 Banjarbaru
Mata pelajaran : Memahami Dasar – Dasar Mesin
Kelas : X
/ I
Pertemuan Ke : 3 dan 4
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran @ 45 Menit
Standar Komptensi : Memahami Dasar – Dasar Mesin
Kode Standar Kompetensi : 020.DKK.1
Kompetensi Dasar : Menjelaskan dasar ilmu statika dan
tegangan
Tahun
Pelajaran : 2009/2010
Petemuan Perminggu :
3 Jam Pelajaran
Indikator :
1. Pembebanan titik pada profil/batang
2. Pembebanan kombinasi pada profil/batang
Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran ini diharapkan :
· Mampu melakukan penghitungan besar reaksi pada titik A dan Titik B secara grafis dan analitis pada pembebanan titik.
· Mampu melakukan penghitungan besar reaksi pada titik A dan Titik B secara grafis dan analitis pada pembebanan kombinasi
I. Materi Ajar
Pembebanan titik pada profil/batang
Pembebanan kombinasi pada profil/batang
II. Metode Pembelajaran
a.
Ceramah
b.
Tanya Jawab
III. Langkah – langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal ( 15 Menit )
Ø
Mereview pembelajaran sebelumnya..
Ø
Menyampaikan diskripsi singkat tentang materi
baru yang akan diajarkan pada pertemuan tersebut
Ø Menyampaikan kegunaan/manfaat materi yang
akan diajarkan.
Ø Merumuskan tujuan yang akan dicapai siswa
setelah mengikuti pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
Ø Mempelajari cara membuat persamaan dan melakukan perhitungan besra reaksi di titik A dan B secara analitis dan grafis dengan konsep pembebanan titik.
Ø Mempelajari cara membuat persamaan dan melakukan perhitungan besra reaksi di titik A dan B secara analitis dan grafis dengan konsep pembebanan kombinasi.
3.
Kegiatan Akhir
Ø
Membuat kesimpulan dari proses pembelajaran dan
dari materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Ø
Memberikan soal – soal atau tugas yang berkaitan
dengan materi pembelajaran yang sudah disampaikan ( kalau ada)
Ø
Menyampaikan materi pertemuan yang akan datang
Ø
Menutup pembelajaran.
IV. Alat
dan Bahan
1. Alat
Ø Alat Tulis
2. Bahan
Ø Buku Tulis
3. Sumberbelajar
Ø Modul Pengetahuan Dasar Teknik Mesin,
Kelas 1, Mentari, Kurikulum 2004.
Ø Buku Mekanika Teknik
Ø
Bahan
lain yang mendukung
V. Penilaian
1.
Kecakapan non akademik, meliputi kecakapan sosial
(kerjasama, berkomunikasi, beradaftasi dalam kelompok dengan lembar pengamatan)
2.
kecakapan
Akademis, meliputi, tes tulis, lisan dan praktik.
Banjarbaru, Juli 2009
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Drs.
Parjiono
Kaspul
Anwar, A.Md
NIP. 19630630 199403 1 005 NIP : 19810101
200604 1 016
TES TEORI
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Mata Diklat : Memahami
Dasar – Dasar Mesin 1
Satndar komptensi : Memahami Dasar – Dasar Mesin 1
Kompetensi
Dasar : Menjelaskan dasar ilmu statika dan tegangan
Hari Tanggal :
Waktu :
Sifat : Tutup
Buku
A. Jawablah Pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan
Benar !
1). Suatu batang AB dengan panjang 10 m, pada
titik C diberi beban vertikal ke bawah =
4000 kg, pada titi D diberi beban
vertikal ke atas = 2000 kg, pada titik E
di beri beban vertikal keatas = 2000 kg. Jika jarak AC = 2 m, CD = 3 m, DE =
1 m dan EB = 4 m.
Bila F1 = 20 kg , F2 = 30 kg , F3 = 16
kg , F4 = 40 kg , F5 = 24 kg.
Tentukanlah : a. Besar Reaksi pada Titik A dan B (15
Poin)
b. Momen
di titik C, D, dan E
(10 Poin)
c. Gaya
geser di titik A, B, C, dan
E (10Poin)
d. Gambarkan diagram momen dan diagram gaya
gesernya (15 Poin)
2). Suatu batang AB dengan panjang 10 m,
dengan berat tiap meter q = 200 kg/m. Pada
titik C diberi beban vertikal ke bawah =
4000 kg, pada titi D diberi beban
vertikal ke atas = 2000 kg, pada titik E
di beri beban vertikal keatas = 2000 kg. Jika jarak AC = 2 m, CD = 3 m, DE =
1 m dan EB = 4 m.
Bila F1 = 20 kg , F2
= 30 kg , F3 = 16 kg , F4 = 40 kg , F5 = 24
kg.
Tentukanlah : a. Besar Reaksi pada Titik A dan B (15
Poin)
b. Momen di titik C, D, dan
E (10 Poin)
c. Gaya
geser di titik A, B, C, dan
E (10Poin)
d. Gambarkan
diagram momen dan diagram gaya gesernya
(15 Poin)
Selamat Mengerjakan dan semoga sukses
Tidak ada komentar:
Posting Komentar